Sunday, February 14, 2016

Ini Dia 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah...!!!

Ini Dia 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah...!!!: Sebuah perbandingan kekayaan sepanjang sejarah, Siapa yang paling kaya, John D. Rockefeller atau Genghis Khan? Sebuah pertanyaan sederhana dengan jawaban yang rumit. Daftar orang terkaya sepanjang masa ini berdasarkan wawancara dengan para ahli ekonomi dan ahli sejarah di perguruan tinggi. Saat ini, mari kita lihat daftar tokoh-tokoh yang bisa dipertanggungjawabkan dalam sejarah pengaruh kekayaan ekonominya.

10. Genghis Khan (1162--1227) Kerajaan Mongolia, Kekayaan: Tuan Tanah
Genghis Khan tidak bisa dipungkiri lagi adalah pemimpin militer tersukses sepanjang sejarah. Sebagai Raja Mongol, yang kekuasaannya membentang dari Cina hingga Eropa, dialah penguasa kerajaan yang terbesar sepanjang sejarah. Walaupun dia mempunya kekuasaan besar, tapi dia tidak pernah menimbun kekayaan. Sebaliknya kemurahan hatinya yang menjadi kunci kesuksesannya. “Salah satu kesuksesannya adalah selalu berbagi rampasan perang kepada prajurit dan komandan perangnya,” sebut Morris Rossabi, seorang professor sejarah terkemuka di CUNY’s Queens College. Jack Weatherford, penulis dari Genghis Khan and the Making of the Modern World, menjelaskan bahwa prajurit Mongol, tidak seperti angkatan perang sebelum zaman modern, mereka dilarang memperkaya diri sendiri. Setelah area ditaklukkan, setiap rampasan perang dicatat oleh seorang pencatat pembukuan dan kemudian dibagikan ke militer dan keluarganya. “Dia tidak pernah membangun istana untuk diri dan keluarganya, tidak ada Biara, tidak ada makam, apalagi rumah,” kata Weatherford. “Dia terlahir di rumah kemah wool khas Mongol dan meninggal juga di sana. Ketika meninggal dia Cuma dibalut dengan kain bulu halus, layaknya orang awam dan kemudian dimakamkan.

9. Bill Gates (1955--hingga sekarang) Asal: Amerika Serikat, Kekayaan: $78.9 milyar
Sebagai orang terkaya yang masih hidup,  kekayaan Bill Gates sangat mudah untuk dihitung. Sebagaimana dilansir oleh majalah Forbes tahun ini, pendiri Microsoft ini memiliki kekayaan bersih $78.9 milyar. Itu berarti lebih kaya $8 milyar dari co-founder Zara, Amancio Ortega, orang nomor dua terkaya di dunia.

8. Alan Rufus (1040--1093) Inggris, Kekayaan: $194 milyar
Keponakan dari William si penakluk, Rufus bergabung dengan pamannya dalam penaklukan  Norman. Dia meninggal dengan warisan £11,000, berdasarkan tulisan Philip Beresford dan Bill Rubinstein, di buku The Richest of the Rich, yang kata mereka jumlah itu sama dengan 7% dari GDP Inggris masa itu. Artinya sama dengan  $194 milyar dengan kurs dollar tahun 2014.

7. John D. Rockefeller (1839--1937) Amerika Serikat, Kekayaan: $341 milyar
Rockefeller mulai investasi dalam industry perminyakan di tahun 1863 dan di tahun 1880 perusahaan Standard Oilnya menguasai 90% produksi minyak USA. Berdasarkan obituarinya di New York Times, kekayaan Rockefeller  berjumlah sekitar $1.5 milyar berdasarkan pengembalian pajak penghasilan federal dan mengestimasikan seluruh kekayaannya – mendekati 2% dari produksi ekonomi Amerika di tahun itu berdasarkan data yang disusun oleh MeasuringWorth (USA tidak memiliki data pendapatan nasional hingga tahun 1932). Kalau disetarakan di 2014 akan mencapai $341 milyar.


6. Andrew Carnegie (1835--1919) Amerika Serikat, Kekayaan: $372 milyar
Rockefeller mendapat sorotan pers, tapi Andrew Carnegie mungkin adalah orang yang terkaya di USA sepanjang masa. Imigran asal Skotlandia ini menjual perusahaannya, U.S. Steel, ke J.P. Morgan sejumlah  $480 juta di tahun 1901. Jumlah itu hampir sama dengan  2.1% dari GDP USA masa itu, yang membuat kekuatan ekonomi Carnegie sama dengan $372 milyar di tahun  2014.


5. Joseph Stalin (1878--1953), Uni Sovyet, Kekayaan: Berkuasa penuh di negara yang setara dengan 9.6% dari GDP Dunia
Ketika uang bukan secara langsung milik Stalin, dia memiliki kekuasaan penuh untuk ekonomi Soviet apapun yang dia mau.  “Dia memiliki kekuatan tak terbatas, dan melalui kekuasaannya, dia bisa lakukan apa saja yang ida mau,” kata George O. Liber, seorang professor sejarah dari Universitas Alabama di Birmingham. “Dia menguasai 1/6 bagian daratan di planet ini tanpa cek dan saldo.” Apakah ini membuat Stalin kaya secara tradisional? Liber tidak begitu yakin. “Apakah dia termasuk dalam orang terkaya?” tanya sang professor. “Saya kira jika Anda merenggangkan definisi kekayaan, tapi itu bukan kekayaan dia. Dia menguasai kekayaan negara.” Namun demikian, sulit rasanya tidak mengikutsertakan dia dalam daftar ini. Kekayaannya mungkin tidak pasti, tapi tidak ada yang bisa memperdebatkan dan menandingi pengaruh Stalin dalam sejarah.

4. Akbar I (1542--1605), India, Kekayaan: Memerintah kerajaan yang setara dengan 25% GDP Dunia
Raja terbesar dari dinasti Mughal India, Akbar menguasai sebuah kerajaan yang terhitung sebagai 25% GDP. Chris Matthews dari Fortune mengambil pernyataan dari ahli sejarah ekonomi Angus Maddison, yang menspekulasikan GDP India per capita dibawah pimpinan Akbar setara dengan Elizabeth dari Inggris, but Akbar lebih gemerlap dari masyarakat Eropa.” Keelitan kekayaan raja India itu dibandingkan dengan rekan-rekannya di Eropa itu diperkuat oleh data dari ahli ekonomi Branko Milanovic, yang penelitiannya menunjukkan bahwa dinasti Mughal adalah kerajaan paling efektif kekayaannya sepanjang sejarah dari seluruh populasi.

3). Kaisar Shenzong (1048--1085), China, Kekayaan: Memerintah kerajaan setara dengan 25%-30% GDP Dunia
Dinasti Song Cina (960-1279) adalah salah satu kerajaan paling berpengaruh secara ekonomi sepanjang masa di dunia. Berdasarkan Prof. Ronald A. Edwards, seorang ahli sejarah ekonomi Cina pada Dinasti Song di Universitas Tamkang, kerajaan terhitung sebesar 25-30% dari GDP Dunia selama puncak kejayaannya. Kekayaan kerajaan berasal dari inovasi teknologi dan keahlian memungut pajak, yang dikatakan oleh Edwards lebih maju ratusan tahun dibandingkan pemerintahan Eropa. Dia juga mencatat bahwa Dinasti Song tersentralisasi, berate Kaisar bekuasa penuh dan tidak terbatas pada ekonomi.

2). Kaisar Agustus (63 BC--14 AD), Roma, Kekayaan: $4.6 trilyun
Tidak hanya berkuasa di kerajaan yang kekayaannya diperkirakan 25-30% GDP dunia. Tapi menurut professor sejarah dari Standford Ian Morris, Augustus memiliki kekayaan pribadi yang setara dengan seperlima kekayaan dari kerajaan. Yang berarti kekayaannya setara dengan $4.6 trilyun di tahun 2014. “Dia juga pemiliki seluruh tanah Mesirt.” Tambah Ian, dan itulah yang membuatnya teratas.

1). Mansa Musa (1280--1337), Mali, Kekayaan: Lebih kaya dari orang bisa bayangkan
Mansa Musa, adalah raja Timbuktu, yang selalu direferensikan sebagai orang terkaya dalam sejarah. Berdasarkan professor sejarah dari Ferrum College Richard Smith, Musa adalah produser emas terbesar di kerajaan Afrika Barat – dimana emas tentu sangat banyak peminatnya. Jadi seberapa kaya kah Musa? Tidak ada catatan yang akurat tentang jumlah kekayaannya. Sebuah cerita tentang perjalanan Hajinya ke Mekah---dimana saat itu Musa menghabiskan banyak uang sehingga menyebabkan krisis uang di Mesir---Lusinan unta membawa karung emas. (Smith mengatakan bahwa produksi emas Mali setahun berjumlah satu ton). Ada yang mengatakan militer Musa yang berjumlah 200,000 tentara, termasuk 40,000 pemanah---bahkan pasukan modern sekalipun akan sulit membawa itu semua ke lapangan. “Pokoknya, dia orang terkaya di dunia, Mereka mencoba menemukan kata-kata untuk menjelaskan berapa kayanya dia. Ada foto-foto dirinya memegang tongkat emas di singgasana emas, memegang secangkir emas dengan mahkota emas di atas kepalanya. Bayangkan seberapa banyak emas itu? Itulah yang coba dihitung.” Ujar Ware.

Demikian daftar tokoh-tokoh terkaya sepanjang sejarah, dan sebagai kesimpulan bahwa ketika tidak ada satupun orang yang bisa memahami kekayaan Anda, itulah artinya Anda betul-betul kaya. Terimakasih salam.


Berikut 10 Orang Terkaya Sepanjang Sejarah :



Sumber: http://time.com/money/3977798/the-10-richest-people-of-all-time/

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon