Wednesday, March 23, 2016

Manfaat Coklat dapat Menangkal Radikal Bebas

Manfaat Coklat dapat Menangkal Radikal Bebas
Buah Kakao
Hai, kita bersua kembali, dalam kesempatan ini saya akan berbagi informasi terkait manfaat Buah kakao atau coklat serta manfaat bagi kesehatan. Siapa yang tak kenal coklat? Coklat merupakan produk olahan dari kakao, tapi taukah anda manfaat kakao bagi kesehatan? berikut informasinya untuk Anda.

Cokelat..., kakao atau dengan sebutan ilmiah Theobroma Cacao adalah tumbuhanyang berwujud pohon yang diduga berasal dari Amerika Selatan. Biji tumbuhan ini, akan menghasilkan produk olahan yang kita dikenal sebagai cokelat.

Untuk memperoleh cokelat tentunya dengan melalui proses memanggang atau disangrai, menghancurkan dan difermentasi. Pohon kakao ini, dapat mencapai ketinggian 10 meter dan menghasilkan bunga putih dengan nuansa merah muda adalah bakal buah. 


Zat yang terkandung dalam kakao diwakili oleh lipid, karbohidrat dan protein serta mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, zat besi fosfor, dan natrium, dan yang sangat penting adalah adanya bahan kimia serta sifatnya bermanfaat bagi tubuh manusia seperti kafein, tyramine serotonin, dan phenylethylamine. Dalam biji kakao juga terdapat beberapa vitamin seperti vitamin B, dan vitamin B3.

Sekedar diketahui bahwa kandungan lain dari biji kakao terdiri dari mineral, vitamin dan karbohidrat yang artinya biji ini mengandung banyak energi makanan dan kemudian dianjurkan untuk para olahragawan, tetapi juga bagi mereka yang berada di usia perkembangan. Dark chocolate (cokelat pahit misalnya) mengandung sejumlah antioksidan yang baik yang dapat melawan radikal bebas berbahaya. Menurut beberapa studi terbaru menyebutkan bahwa, dengan mengkonsumsi sekitar 20 gram dark chocolate sehari dapat memperlambat proses penuaan sel dini.

Kandungan theobromine, ditemukan pada kakao bersama dengan kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan, sementara serotonin memiliki kemampuan untuk "mendukung" sistem saraf dalam kasus-kasus depresicdan stres. Perlu juga diperhatikan bahwa komponen lain kakao, tyramine, digunakan untuk penyiapan obat antidepresan.

Khasiat coklat untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan, antioksidan dalam coklat untuk chocolate souvenir diperoleh dari biji kakao yang mengandung antioksidan flavonoid yang berguna untuk menahan radikal bebas. Namun, khasiat antioksidan ini, sangat tergantung dari kadar kakao dalam chocolate  yang anda konsumsi, semakin besar kadar kakaonya, maka semakin besar manfaat antioksidan dalam sebatang chocolate.

Selain sebagai antioksidan, coklat juga berkhasiat membantu tubuh beristirahat atau mengurangi susah tidur, khasiat ini terkandung dalam protein yang terkandung dalam biji kakao, protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin. Demikian manfaat buah coklat semoga bermanfaat, terimakasih, salam.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon