Thursday, March 17, 2016

Ternyata Buah Pala dapat Mengobati Susah Tidur

Ternyata Buah Pala dapat Mengobati Susah Tidur
Manfaat Buah Pala: Pala merupakan rempah-rempah khas dari Maluku, seperti kita tahu bahwa biji buah pala telah dimanfaatkan orang sejak zaman dahulu sebagai rempah-rempah maupun bumbu dapur. Tapi tauakah anda manfaat buah pala bagi kesehatan?

Pala (myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan banda, maluku. Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi.

Tumbuhan ini berumah dua (dioecious) sehingga dikenal pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya berbentuk lonjong seperti lemon, berwarna kuning, berdaging dan beraroma khas karena mengandung minyak atsiri pada daging buahnya. bila masak, kulit dan daging buah membuka dan biji akan terlihat terbungkus fuli yang berwarna merah. Satu buah menghasilkan satu biji berwarna coklat.

Buah Pala banyak digunakan untuk menghilangkan rasa mual atau gejala mabuk saat berkendara. Pasalnya, buah yang memiliki nama latin myristica fragrans houtt ini, memiliki sifat antiemetik yaitu senyawa kimia yang bermanfaat antara lain mengatasi rasa mual mau muntah. Senyawa kimia buah pala tersebut terdapat di kulit, daging, biji pala hingga bunganya. Misalnya, kandungan minyak atsiri dan zat samak terdapat pada kulit dan daging buah pala. sedangkan fuli atau bunga pala mengandung minyak atsiri, zat samak dan zat pati. sedangkan dari bijinya sangat tinggi kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena dan asam oleanolat.

Senyawa kimia tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya dapat membantu mengobati , masuk angin, insomnia (susah tidur), memperlancar pencernaan dan meningkatkan selera makan, karminatif untuk memperlancar buang angin, antiemetik untuk mengatasi rasa mual mau muntah, serta dapat mengobati nyeri haid dan rematik.

Manfaat biji Pala dalam pengelolaan diabetes militus tipe 2 adalah karena aktivasinya sebagai antihiperglikemik dan antidislipidemik dan bisa menurunkan resiko penyakit komplikasi yang di pacu oleh inflamasi, disfungsi endotel, dan aterosklerosis mealalui aktivitasnya sebagai antioksidan dan antiinflimasi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon